Tips Agar Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan

Tips Agar Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan

Putri Lia December 22, 2019

Tips Agar Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan. Indonesia yang saat ini tengah berada di musim penghujan dengan curah hujan yang kadang tak menentu membawa dampak pada kesehatan masyarakat Indonesia. Seperti influenza, batuk, pilek, demam, dan beberapa penyakit lain yang sering menjangkiti kala musim hujan. Berbagai cara pun dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan prima supaya aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas dengan baik adalah.

Konsumsi Vitamin C
Tips menjaga kesehatan di musim hujan yang pertama adalah mengonsumsi vitamin C. Baik itu vitamin C yang berbentuk alami ataupun suplemen makanan bisa sangat membantu mempercepat pemulihan serangan virus flu. Meskipun masih vitamin C ini masih diperdebatkan, apakah benar ia bisa untuk obat flu. Namun, yang perlu diyakini adalah memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh mampu memperkuat imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Contoh makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah paprika merah, paprika hijau, pepaya, buah jambu, nanas, jeruk, dan makanan lain.

Minum Air Putih yang Cukup
Tips menjaga kesehatan di musim hujan yang kedua yaitu meminum air putih yang cukup. Kita tahu bahwa asupan air putih yang pas unruk tubuh adalah delapan gelas sehari. Jika merasa bosan dengan tampilannya, bisa Anda tambahkan dengan irisan lemon. Lebih baik lagi jika air putih hangat. Air hangat mampu membuat sirkulasi dalam tubuh menjadi lancar di mana hal tersebut pengaruh ke sistem imunitas yang kuat sehingga mampu melindungi tubuh dari infeksi dan alergi.

Sedia Payung Sebelum Hujan
Jadi, bukan hanya sekadar pepatah loh ya. Jika memang sedang musim hujan, ada baiknya Anda membawa payung atau jas hujan. Selain itu, Anda juga bisa membawa sandal japit agar sepatu tidak basah. Bisa juga membawa baju ganti. Sehingga, Anda menjaga tubuh Anda tetap hangat. Tahukah Anda bahwa virus flu sangatlah suka dengan bagian-bagian tubuh yang dingin.

Pada saat metabolisme tengah berusaha menghangatkan tubuh, maka aliran darah ke kaki termasuk hidung akhirnya terbatasi sehingga menyebabkan area ini dingin. Anda bisa menggunakan jaket atau kaos kaki unruk menambah kehangatan. Bisa juga dengan membalurkan minyak kayu putih.

Jika masih merasa kurang, tips menjaga kesehatan di musim hujan ini bisa ditambahkan dengan mengonsumsi makanan yang mampu menghangatkan badan. Misalnya saja makanan dan minuman yang hangat, contohnya saja wedang jahe atau mie rebus.

Istirahat yang Cukup
Memang sudah rahasia umum jika cuaca yang dingin membuat tubuh malas gerak dari kasur, inginnya sih tidur melulu dan bergelung di dalam selimut. Ini wajar kok. Anda boleh beristirahat sampai tubuh merasa fit untuk diajak beraktivitas. Namun, jangan tidur dengan porsi yang berlebihan karena bisa membuat badan lemas dan otot-otot menegang. Untuk ukuran orang dewasa, istirahat yang dianjurkan adalah enam hingga delapan jam sehari. Well, sebaiknya hindari begadang saat musim hujan ya.

Nah, empat tips menjaga kesehatan di musim hujan di atas perlu diperhatikan baik-baik agar tubuh tetap fit dan prima. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, dan memenuhi asupan tubuh. Tidak lupa untuk tetap berolahraga ya. Jika biasanya olahraga di luar, Anda bisa menggantinya dengan berolahraga yang ringan di dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *