Perhatikan Hal ini agar Tetap Aman saat Berburu Kuliner bagi Ibu Hamil

Perhatikan Hal ini agar Tetap Aman saat Berburu Kuliner bagi Ibu Hamil

Putri Lia December 4, 2019

Perhatikan Hal ini agar Tetap Aman saat Berburu Kuliner bagi Ibu Hamil! Berlibur keluar kota tentu tidak akan lengkap jika belum menikmati kuliner khas kota tersebut. Namun bagaimana dengan ibu hamil, apakah masih bisa menikmati aneka kuliner yang lezat atau harus melewatkannya begitu saja. Umumnya bagi ibu hamil berusia 4 bulan lebih sudah mulai bisa mencicipi berbagai kuliner lezat asalkan tetap menjaga keamanan calon buah hati.

Anda tetap bisa berburu kuliner asalkan tetap memperhatikan asupan nutrisi dan kebersihan demi kesehatan calon bayi. Ini penting sekali Anda perhatikan karena kandungan Anda sedang tumbuh dan berkembang. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan agar tetap bisa menikmati berbagai kuliner lezat dengan aman.

Hindari Makanan Pantangan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan menghindari berbagai kuliner yang pantang untuk Anda makan. Baik itu kehamilan yang beresiko atau tidak, sebaiknya tanyakan kepada dokter kandungan Anda apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi. Ini demi menjaga kondisi kesehatan calon bayi Anda karena tidak semua ibu hamil memiliki pantangan makanan yang sama.

Cari Tempat Kuliner yang Menjaga Kebersihan

Penting untuk memerhatikan faktor kebersihan saat berburu kuliner bagi ibu hamil. Anda bisa melihat dari meja makan dan peralatan makan yang bersih, tempat sampah yang rapi, dapur tidak berantakan, dan yang lainnya. Tempat kuliner yang bersih mencerminkan makanan yang disajikan juga bersih dan aman bagi janin Anda.

Hindari Makanan Cepat Saji

Pada saat melakukan perjalanan jauh atau berwisata ke suatu daerah, kuliner yang paling mudah ditemukan adalah makanan cepat saji. Namun, sebaiknya hindari makanan ini demi menjaga kondisi kesehatan Anda dan calon bayi. Dari berbagai penelitian menyebutkan, makanan cepat saji kurang baik bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Akan lebih baik jika Anda mencari kuliner tradisional yang aman bagi Anda dan calon bayi.

Kurangi Minuman dan Makanan Kemasan

Seperti halnya makanan cepat saji, dalam kondisi mengandung sebaiknya kurangi asupan makanan dan minuman dalam kemasan. Makanan dan minuman tersebut sebagian besar mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Misalnya zat pengawet, pewarna, perasa yang terdapat dalam makanan minuman seperti kornet, sosis, nugget, jus buah dalam kemasan, susu, dan lain-lain.

Hindari Kuliner yang Menyajikan Makanan Mentah

Saat berburu kuliner bagi ibu hamil pasti ingin yang mencoba segala jenis makanan khas daerah yang dikunjungi. Namun, ingatlah bahwa Anda sedang hamil dan harus menjaga asupan makanan Anda. Hindari makanan mentah atau setengah matang karena memiliki potensi mengandung toksoplasma yang berbahaya bagi janin Anda.

Bawa Peralatan Makan Sendiri

Pada umumnya, setiap tempat makan pasti menyediakan peralatan makan seperti piring, sendok dan gelas. Untuk lebih amannya, bawalah peralatan makan sendiri. Ini demi menghindari peralatan makan yang kurang bersih dari pemilik rumah makan yang Anda singgahi.

Hindari Minuman Berkafein

Menikmati udara malam sambil berwisata kuliner tentu menyenangkan. Namun, sebaiknya batasi minuman yang mengandung kafein. Zat tersebut bisa membuat cairan tubuh Anda cepat terkuras sehingga menimbulkan dehidrasi. Selain itu, kafein juga dapat memicu detak jantung serta tekanan darah tinggi.

Sangat penting dalam berburu kuliner bagi ibu hamil untuk tetap memerhatikan segala sesuatunya dengan seksama. Seperti, mengecek kebersihan lingkungan tempat makan, peralatan makan, menghindari makanan dan minuman yang dipantang, dan semua hal yang harus dihindari. Dengan demikian, Anda tetap bisa menikmati sajian kuliner yang sehat, bersih, dan juga aman bagi Anda dan calon buah hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *