Peluang Bisnis Menguntungkan Budidaya Ikan Bandeng

Peluang Bisnis Menguntungkan Budidaya Ikan Bandeng

Putri Lia March 11, 2020

Peluang Bisnis Menguntungkan Budidaya Ikan Bandeng! Oke, semuanya! Pada kesempatan kali ini izinkan kami untuk memberikan informasi mengenai peluang usaha bisnis yang menjanjikan. Apalagi di negara kita tercinta Indonesia, para pekaku bisnis sangatlah sedikit sekali. Pasti saingan yang akan dihadapi tidak terlalu banyak sehingga menjadi produk

bisnis yang akan Anda geluti tidak terlalu banyak saingan di pasaran.
Nah, di sini kami akan memberikan informasi mengenai betapa menjanjikannya jika Anda mencoba untuk menekuni bisnis yang satu ini yaitu bisnis budidaya ikan bandeng. Ikan bandeng sendiri sangat laris di pasaran, setiap kalangan bisa menikmati santapan yang mengandung banyak gizi ini. Sehingga ini menjadi peluang yang bagus agar Anda mengambil
bisnis ini.

Memasarkan bandeng tidak akan sulit, karena rasanya yang enak, gurih, harga yang terjangkau dan tidak akan hancur ketika dimasak. Selain itu banyak rumah makan dan restoran yang menjadikan bandeng sebagai bahan utama yang mereka jual. Sehingga pasti pihak mereka akan membutuhkan ikan bandeng agar usaha mereka bisa terus berproduksi. Nah, karena orang yang mau menggeluti bisnis ikan bandeng ini tidak banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat jarang sekali sehingga menjadi sangat menjanjikan dan potensial sekali jika digeluti.
Sebelum memulai untuk melakukan bisnis budidaya ikan bandeng, ada kiat-kiat atau langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisnis bisa berjalan lancar. Apa saja yang menjadi kiat-kiat dan harus dilakukan oleh seorang pembisnis ikan bandeng? Yuk, mari simak informasi selengkapnya di bawah ini:

Kolam Budidaya yang Ideal
Hal pertama yang harus disiapkan adalah tentu saja kolam ikannya. Kolam haruslah ideal dan nyaman untuk dijadikan tempat budidaya. Maksud nyaman di sini adalah airnya yang cukup dan sesuai dengan yang disukai ikan bandeng. Ini bertujuan agar ketika panen bisa menghasilkan banyak ikan bandeng. Tempat itu sangat berpengaruh pada hasil budidaya maupun tambak.

Nah, adapun kolam yang ideal saat ingin melakukan bisnis budidaya ikan bandeng adalah: Pertama, melakukan pembajakan dasar kolam terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar humus tanah berada di atas. Kedua, penjemuran yang bertujuan untuk membunuh bakteri ataupun kuman berbahaya ataupu penyakit yang berada di tanah. Ketiga, pemberian pupuk. Pupuk harus diberikan ketika tanah sedang dalam keadaan retak-retak. Tujuan pemupukan adalah agar membantu menjaga tingkat keseburan tanah sehingga lumut yang nantinya akan menjadi makanan ikan bandeng tumbuh dengan subur. Dan yang keempat yaitu penggenangan air.

Pembenihan Ikan
Langkah kedua adalah menyiapkan atau memilih ikan untuk dijadikan bibit. Saat memilih bibit Anda bisa membelinya dari petani lain yang menjalankan bisnis serupa. Atau bisa juga dengan melakukannya sendiri. Hanya saja jika pembibitan dilakukan sendiri memerkukan waktu yang lama. Selain itu juga memerlukan keahlian khusus agar bibir yang dihasilkan berkualitas bagus. Saat memasukkan bibit ke kolam, biasnya dimasukkan dengan plastik awalnya, tujuannya adalah agar ikan bisa beradaptasi. Setelah menghabiskan waktu sekitar 2 jam barulah plastik bisa diangkat. Waktu penebaran yang ideal adalah pagi dan sore hari.

Pemberian Pakan
Pupuk atau pakan bisa diberikan dengan cara menaruhnya dalam karung goni. Ini bertujuan untuk memancing pertumbuhan lumut. Karena ikan bandeng adalah hewab berjenis herbivora atau pemakan tumbuhan. Nah karena alasan ini juga bisnis budidaya ikan bandeng cukup menguntungkan karena modal yang dikeluarkan sedikit untuk pemberian pakan.
Demikianlah informasi yang kami berikan mengenai bisnis budidaya ikan bandeng. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *