Bahaya Gula Bagi Kesehatanmu!

Bahaya Gula Bagi Kesehatanmu!

Putri Lia December 13, 2019

Bahaya Gula Bagi Kesehatanmu! Iya, betul sekali, kamu memang tidak salah baca, gula, butiran kecil berbentuk seperti pasir yang biasa kamu konsumsi ini benar-benar tidak bagus untuk tubuh, lho. Memangnya kenapa, Kak? Apa yang berbahaya dari gula, kan, gula itu umum dan lazim banget, iya, kan? Nah, ini dia bahaya yang akan kami ulas untuk kalian.
Mudah Lapar

Yap, betul sekali, salah satu bahaya gula adalah membuatmu mudah lapar, karena gula mampu menghambat proses atau fungsi dari hormon leptin milkmu. Apa itu hormon leptin? Hormon leptin merupakan sebuah hormon yang mengirimkan tanda bahaa perut kamu sudah merasakan kenyang atau penuh. Setelah makan kamu tentunya kenyang, kan? Nah, inilah hormon yang bekerja. Jadi, kalau kamu merasa lapar terus menerus, hal ini disebabkan karena hormon leptinnya terhambat.
Obesitas
The Lancet, pada tahun 2008, jurnal pengobatan umum mingguan ternama dunia ini menyebutkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang mengandung manis, ini memicu obesitas, lho. Selain itu, kemudahan laparmu itu membuatmu terus makan, jelas menjadi hal yang memicu obesitas.
Gampang Ngantuk

Wah, bahaya gula yang satu ini benar-benar bahaya banget untuk kalian semua, termasuk saya. Apalagi, kalian yang hobinya itu mengerjakan tugas di malam hari, mengejar deadline dan segala macamnya, ngeri, kan kalau kamu jadi ketiduran saat mengerjakan sesuatu, dan saat kamu bangun semuanya sudah berakhir, tentunya ini merugikan. Makanya, jangan konsumsi sesuatu yang manis saat sedang mengerjakan sesuatu, terutama minum coca-cola yang punya kandungan gula sangat tinggi.

Meningkatkan kadar gula dalam darah
Yang ini juga merupakan bahaya besar. Karena banyaknya gula dalam darah bisa membuat produksi insulin menjadi terhambat dan tak bisa memecahkan gula dalam darah tersebut. Hal ini sangat mengerikan dan akan membuatmu dengan mudahnya terkena penyakit gula.
Terjangkit Mudah Stress atau Depresi
Mengapa bahaya gula bisa menyebabkan depresi? Studi yang dipublikasikan dalam Scientific Report tahun 2017, ditemukan bahwa kadar gula menganggu senyawa otakmu, menyebabkan ketidakseimbangan. Akibatnya, timbul gangguan mental seperti depresi dan kecemasan. Ayuk, himdari gula. Gak mau depresi, kan?
Gula Merusak Jantung
Journal of American Heart Association tahun 2013 akhirnya menyatakan kalau molekul pada gula yaitu glukosa 6-fosfat membuat perubahan otot jantung yang berujung pada gagal jantung. Wah, bayangkan betapa bahayanya, kamu baik-baik saja, lalu mengalami gagal jantung karena mengonsumsi gula terus-terusan.
Gula memberi makan sel kanker

Siap? Yang ini mungkin kamu kurang tahu, dan bahaya gula ini bikin kamu sedikit terkejut, kan. Setiap orang memang bisa terkena sel kanker karena memiliki sel kanker dalam tubuh. Meskipun begitu, jika kamu menjaga pola makan dan tubuhmu, tentunya sel itu tidak akan terus berkembang. Tetapi, mekanisme dari tubuh mampu mematikan sel kanker juga, sebenarnya, tetapi bukan hilang, hanya agar tidak berkembang. Juga, gula merusak mekanisme tersebut sehingga tidak ada lagi yang menghalangi sel kanker tersebut berkembang. Sungguh sebuah bahaya besar, terlebih lagi, gula merupakan nutrisi bagi si sel kanker ini, dengan terus mengonsumsi gula berarti kamu sedang merawatnya untuk terus tumbuh. Bahaya, kan?
Nah, kalau sudah tau betapa bahayanya mengonsumsi gula seperti ini, alangkah baiknya, kita kurangi mengonsumsi gula bersama ya. Ayuk semangat, gak mau, kan, berada dalam bahaya gula?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *